teater

Tutup Tahun 2018 DKL gelar Festival Monoton (Monolog Sing Ditonton) II

Pada akhir tahun 2018, Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) kembali menyelenggarakan  Festival Monoton atau Monolog Sing Ditonton, yang pada kesempatan ini masuk tahun ke-2, dan akan dilaksanakan pada tanggal 22-23 Desember 2018, di gedung teater Dewan Kesenian Lampung, dari pukul 10.00 – 17.00 WIB.

Event ini sangat tepat bagi aktor untuk menguji, meningkatkan kemampuan, dan sekaligus menyediakan saluran kreativitasnya. Aktor diuji khususnya berkenaan dengan fleksibilitas tubuh, emosi, imajinasinya, termasuk durasi yang terbatas, teks yang sudah ditentukan. Pertaruhan pada ketepatan tafsir, ketepatan dan kejelasan rancang bangun pertunjukan–arransement, dan mewujudkan gagasan artistiknya di atas panggung.

Perempuan Pilihan karya Iswadi Pratama yang dibawakan oleh Dian Anjar (Teater Cupido) pada Festival Monoton 2017

Mengenai peserta, Fesmon II kali ini lebih diperuntukkan bagi pelaku teater dari kalangan pelajar dan mahasiswa, tetapi tidak menutup kemungkinan jika ada dari kalangan umum yang berminat untuk berpartisipasi.  Bertindak sebagai Dewan Juri adalah Iswadi Pratama (Sutradara dan Direktur Artistik Teater Satu Lampung), Ari Pahala Hutabarat (Sutradara dan Direktur Artistik Kober), dan Edy Samudera Kertagama (Sutradara Teater Kuman dan anggota Komite Teater DKL).

Hati Yang Meracau karya Edgar Allan Poe yang dibawakan oleh Chandra Aria pada festival monoton 2017

Fesmon II merupakan ruang bagi pelaku teater yang interes di bidang seni peran.  5 lakon sudah disiapkan oleh panitia: Wanci karya Imas Sobariah, Monolog Tiga Kamar karya Iswadi Pratama, Prita Isteri Kita karya Arifin C Noer, Aeng karya Putu Wijaya, dan Hati yang Meracau karya Edgar Allan Poe.  Durasi pertunjukan maksimal 30 menit.  Sekadar apresiasi dan penambah semangat, untuk 4 penampil terbaik akan mendapatkan tropy, piagam, dan uang tunai sebesar Rp1.250.000;

Pendaftaran dimulai dari tanggal 6 – 10 Desember 2018. Pendaftaran bisa dilakukan ke Kantor DKL yang beralamat:  Komplek PKOR, Jalan Sumpah Pemuda, Perumnas Way Halim, Way Halim, Kota Bandar Lampung, Lampung 35132. Telepon: (0721) 703077. Kontak pribadi: Ahmad Jusmar (HP 082281715180), Afrizal AR-Ijal (HP. 085357656495).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *