performance teater workshop

Listen With The Body

Workshop Butoh Katsura Kan
“Listen with the Body”

Omahkebon Nitiprayan
25 s.d. 28 November 2018
14.00 s.d. 18.00 WIB

Studio Plesungan, Kalanari Theatre Movement dan Omahkebon Nitiprayan menghadirkan workshop butoh oleh Katsura Kan: “Listen with the Body”. Katsura Kan akan mengajak berlatih meningkatkan kemampuan tubuh guna memanen “tingkah laku misterius” yang tersembunyi dalam kehidupan sehari-hari, lalu menciptakan koreografi dan laku performatif yang menarik dari sana. Workshop ini terdiri dari rangkaian latihan menuju penciptaan pertunjukan kecil di akhir workshop.

Katsura Kan adalah seorang maestro butoh dari Kyoto, termasuk dalam jajaran seniman butoh senior Jepang. Kan dikenal dengan eksplorasi “curious body”, sebuah cara untuk memahami arus utama butoh sebagai ide-ide gerakan dan koreografi. Pendekatan kognitif baru bagi tubuh dijalankannya melalui metode yang disebutnya sebagai “Butoh Notation”, guna “membangkitkan kegaduhan tubuh” dan “memfokuskan diri pada sisi lain realitas”. Kan mendirikan grup butoh “白虎社/ Byakkosha” pada 1979–1981, lalu melakukan perjalanan riset selama 20 tahun di Indonesia dan Thailand. Ia berkarya secara mandiri maupun kolaboratif, baik sebagai performer maupun koreografer, dan telah berkarya bersama “penari minoritas” di pelosok-pelosok Afrika, Eropa, Rusia, China, Asia Tenggara, Amerika Latin, dan Amerika Utara selama 40 tahun. Karya terbarunya di antaranya Beckett BUTOH Notation di Prancis dan Oracle & Enigma di Meksiko. Kan berguru pada para maestro butoh, Noh dan maestro tari dari Yogyakarta: Ben Suharto.

KETENTUAN:
1. Kuota peserta terbatas.
2. Peserta berusia minimal 20 tahun dan sehat jasmani.
3. Peserta bersedia mengikuti seluruh rangkaian workshop, mulai 25 sampai 27 November, pukul 14.00 s.d. 18.00 WIB, serta presentasi pertunjukan pada 28 November.
4. Biaya workshop Rp 100.000,-.
5. Pendaftaran paling lambat 20 November 2018, pukul 20.00 WIB.
6. Pendaftaran dan info lebih lanjut: 0815-7876-1023 (Dina).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *