Pooh-pooh Somatic: On Crowd of Biographies

Peraih Hibah Seni Kelola 2017: Kalanari Theatre Movement

Pooh-pooh Somatic: On Crowd of Biographies

Senin-Selasa, 21-22 Agustus 2017
20.00 WIB
PKKH UGM Yogyakarta

Tiket: Rp. 15.000,- | Pemesanan: 0815-7876-1023
*) Pentas Outdoor dan Lesehan

Pada mulanya adalah sebuah eksperimen yang berangkat dari pertanyaan: “Bagaimana bahasa sebelum kata?” Di antara berbagai spekulasi dan pengandaian, kami bertemu dengan teori bahasa dari Max Müller, seorang filolog dan Orientalis akhir abad XIX, kelahiran Jerman. Pooh-pooh adalah salah satu teorinya tentang asal mula bahasa, yang mengungkapkan bahwa kata-kata awal bahasa manusia muncul dari bunyi-bunyi ekspresi emosional yang dipicu oleh rasa sakit, senang, terkejut, dan lainnya. Teori ini kami sandingkan dengan “somatic”, term yang muncul dari ranah biologi sebagai suatu sistem saraf sadar yang merangsang kontraksi otot, dan kini metode somatik juga muncul dalam dunia seni dan studi gerak serta terapi. Kedua term dasar tersebut di atas diturunkan menjadi metode penciptaan laku tubuh dalam pertunjukan Pooh-pooh Somatic: On Crowd of Biographies.

Teks pertunjukan yang disutradarai Ibed Surgana Yuga ini diambil dari pecahan-pecahan biografi para pelakon, yang kemudian direkayasa oleh teks-teks yang muncul dari tanggapan terhadap ruang pertunjukan, waktu dan kondisi emosi kekinian dari pelakon, serta manipulasi oleh biografi sutradara. Semuanya berkelindan dalam kerumunan (crowd), menciptakan peristiwa pertunjukan.

Pooh-pooh Somatic: On Crowd of Biographies merupakan pertunjukan kedua yang menjadi “ruang singgah” bagi program Tubuh Lamis, sebuah studi dan eksplorasi Kalanari Theatre Movement terhadap bahasa paling primitif dari teater: gerak dan suara. Program yang telah dimulai sejak 2014 ini mencoba meminimalisasi ke-lamis-an tubuh manusia dalam berbahasa dan berlaku. Pertunjukan sebelumnya adalah Yo-he-ho’s Sites, yang dipentasperdanakan pada Salihara International Performing-Arts Festival, November 2016. Pentas ini juga berdasar atas teori bahasa dari Max Müller: Yo-he-ho. Pooh-pooh Somatic: On Crowd of Biographies terwujud atas dukungan Hibah Seni Kelola.

Program ini merupakan bagian dari Hibah Seni Kelola yang didukung oleh First State Investments dan Citi Indonesia.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*