Gebrakan UKMBS Unila di Pertengahan Mei, Panggungkan Teater-Tari Waiting For Warih

Sinopsis Pertunjukan

Menjelang maut datang sepasang kekasih harus melarikan diri dari rasa takut dengan cara membiarkan memori-memori dan harapan-harapan muncul dan saling berlompatan. Mereka terpaksa melakukan refleksi, mempertanyakan kembali keyakinan-keyakinan dasar mereka, tentang cinta, determinasi takdir, dan waktu. Situasi batas menjelang datang maut mengelupas topeng keseharian mereka; bahwa hubungan “Cinta” yang selama ini mereka jalani ternyata dibangun bukan oleh “Cinta” itu sendiri, tapi oleh kenangan dan khayal yang mereka sepakati bersama. Bahwa relasi sepasang kekasih tidak mungkin lahir dari situasi netral. Relasi itu mengandung biografi, sekian banyak strategi digunakan untuk menjalani dan mengisi kehidupan yaitu memori dan imajinasi.

Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni (UKMBS) Universitas Lampung mempersembahkan satu pementasan berdurasi 60 menit, didukung 40an performer (teater, tari, musik, cahaya, dll) akan dilaksanakan pada hari : Senin & Selasa, tanggal : 15-16 Mei 2017,  Waktu : 16.00 wib s.d selesai, tempat : Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Lampung.

IMG_20170427_221705

Pertunjukan teater-tari paling kompleks, ekspresif, dinamis, sublim yang beralusi dengan waiting for godotnya samuel beckett, kereta kencana-ws rendra, sajak-sajak cinta jallaludin rumi, beberapa teks karya Ari Pahala Hutabarat yang diikat oleh tema besar: manusia, waktu, dan cinta.  Sementara pijakan gerak berasal dari ragam seni-ekspresi Lampung (bedana, sembah, silat, muayak, dll). Didukung lebih 40 performer (aktor teater, penari, pemusik) produksi Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni Unila ini siap menghibur publik Lampung pada pertengahan Mei.

Menurut Miftah Faridl Masda (Ketua UKMBS Unila) mengatakan bahwa karya yang disutradari oleh Ari Pahala Hutabarat, koreografer: Annisa Chairiyah Wijaya, Tresna Ayuningtyas, bisa dikatakan sebagai paket lengkap dan sangat pantas diapresiasi oleh berbagai kalangan (seniman-pelaku tari-teater, mahasiswa, pers, budayawan, dan masyarakat pecinta seni pertunjukan) khususnya yang berdomisili di Lampung.

IMG_20170404_025714

Lebih lanjut, Faridl mengatakan bahwa pentas teater-tari ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan dan memacu tumbuhnya eksplorasi dan kerja kreatif kelompok-kelompok teater dan tari di Lampung. Pijakan kisah lakon ini berasal dari beberapa sumber, Kereta Kencana karya WS Rendra, Beberapa Sajak Jalaludin Rumi, dan beberapa karya Ari Pahala Hutabarat,. Sedangkan pijakan geraknya berasal dari bentuk-bentuk tari dan ekspresi tradisional Lampung (tari bedana, sembah, silat, muayak). Tarik dan muayak yang cukup familiar dalam kehidupan masyarakat, namun pada pementasan ini disikapi dan dihadirkan secara berbeda.

Bisa dikatakan Waiting For Warih adalah perpaduan seni pemanggungan modern dan tradisional, lokal dan global, profan dan saklar saling berkelindan disusun oleh struktur cerita yang tidak linear, terdiri dari beberapa fragmen yang memiliki perbedaan situasi, karakterisasi dan visualisasi sesuai  dengan impresi masing-masing yang dialami tokoh dalam cerita ini. Gambaran perjalanan dan sekaligus pergulatan manusia ketika berhadapan dengan waktu, cinta, dan dirinya sendiri.

IMG_20170422_172830 IMG_20170427_232505

Sementara Dina Romayanti selaku pimpinan produksi Waiting For Warih mengatakan persiapan sudah dilakukan jauh-jauh hari, proses latihan sendiri dimulai pertengahan Januari. Proses panjang ini memang harus ditempuh agar gagasan artistik dapat benar-benar terwujud. Meski pada akhirnya akan selalu saja ada kekurangan baik aspek teknis maupun non teknis.

Event yang bisa dikatakan program utama UKMBS Unila di tahun 2017 ini menurut Dina dapat dijadikan semacam contoh bagaimana mengelola pertunjukan khususnya pelaku seni di kalangan mahasiswa. Bahwa untuk memanggungkan karya seni yang keren itu butuh pengetahuan, perjuangan, disiplin, dan kerja keras, termasuk aspek manajerialnya.

18342274_10211035924632742_4700293274615360010_n

 

Tiket bisa dipesan di:
Ukmbs Unila, Graha Mahasiswa Unila lt.2
Cp: Dina Romaynt : 0821-8019-9210
Farid : 0821-4080-9973

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*